Dewi Anggraini : 5 Strategi Mahasiswi PhD Tahun Terakhir

Tahun keempat adalah tahun terakhir dari sebuah perjalanan studi doktoral atau PhD. Periode ini merupakan masa yang sangat menentukan bagi proses penyelesaian penulisan tesis/disertasi untuk selanjutnya dapat diajukan (submit) dan diuji kelayakannya. Masa ini sangatlah penting terutama bagi mahasiswi yang mendapatkan beasiswa untuk studi PhD-nya. Untuk menghindari proses berkepanjangan untuk menambah masa beasiswa ataupun bahkan membiayai studi secara mandiri, maka mahasiswi PhD harus mempunyai strategi yang baik agar dapat menyelesaikan penulisan dan pengajuan untuk ujian (submission) sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, baik oleh sekolah maupun pemberi beasiswa.

Nama saya Dewi Anggraini, dosen di departemen statistik FMIPA Universitas Lambung Mangkurat. Saya ingin berbagi lima strategi utama yang saya lakukan untuk dapat memperlancar penyelesaian studi PhD di tahun terakhir:

  1. Komitmen

Berjanji kepada diri sendiri untuk dapat menyelesaikan studi PhD di tahun keempat adalah strategi utama membentuk komitmen yang harus dilakukan. Tidak dapat dipungkiri bahwa halangan dan rintangan akan selalu hadir di setiap perjalanan atau proses hidup, termasuk dalam menyelesaikan penulisan tesis/disertasi di tahun terakhir studi PhD. Namun demikian, ketika kita sudah berkomitmen, maka kesadaran dan semangat untuk melakukan berbagai usaha dan upaya agar dapat menyelesaikan studi PhD sesuai dengan waktu yang telah ditentukan akan tumbuh dengan sendirinya di dalam diri kita.

2. Manajemen Waktu

Segala bentuk usaha dan upaya yang akan dilakukan untuk menyelesaikan penulisan tesis/disertasi di tahun terakhir studi PhD tidak akan optimal tanpa manajemen waktu yang baik. Alokasi dan pengelolaan waktu kegiatan sehari-hari secara proporsional dapat membantu mahasiswi PhD tahun terakhir, baik yang masih single maupun yang telah berkeluarga, dalam mencapai target harian, mingguan, dan bulanan. Tentu saja pengaturan waktu tersebut juga harus mempertimbangkan segala bentuk tantangan dan rintangan yang akan dihadapi sehingga dapat memberikan alternatif pilihan waktu pengerjaan jika ada beberapa rencana yang tidak dapat dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Dengan demikian, harapannya di akhir tahun tesis/disertasi dapat disusun/diselesaikan dengan baik dan tepat waktu.

3. Disiplin

Alokasi dan pengelolaan waktu kegiatan sehari-hari dalam rangka menyelesaikan penulisan tesis/disertasi di tahun terakhir studi PhD tidak akan optimal tanpa dibekali sikap disiplin. Konsistensi dan ketaatan (kepatuhan) dalam melaksanakan apa yang telah direncanakan sesuai dengan target yang telah ditetapkan merupakan kunci utama untuk mencapai tujuan utama seorang mahasiswa PhD yaitu selesai tepat waktu (ontime submission). Walau terkadang apa yang terjadi tidak seindah apa yang telah direncanakan, sikap disiplin terhadap waktu mampu meminimalisir ketidaksesuaian rencana tersebut.

4. Ketekunan dan Kerja Keras

Proses penyelesaian penulisan tesis/disertasi tidak hanya bergantung pada kecerdasan tapi lebih kepada ketekunan dan kerja keras yang dilakukan oleh seorang mahasiswi. Hal ini dikarenakan proses menulis tidak dapat dilakukan sekaligus dalam satu waktu. Ketekunan dalam merangkai kata demi kata, kalimat demi kalimat, paragraf demi paragraf, sub bab demi sub bab bahkan bab demi bab hingga menjadi satu bentuk tesis/disertasi yang layak untuk dibaca (readable) dan diuji (reliable) sangat diperlukan. Kemudian, kerja keras juga diperlukan ketika menjalani beberapa proses revisi tulisan setelah mendapatkan masukan baik dari promotor (supervisor) maupun editor bahasa.

5. Doa

Doa adalah sebuah kekuatan sekaligus media untuk menyerahkan semua strategi terbaik yang telah diusahakan dan dilakukan kepada Sang Maha Menentukan. Perubahan tidak akan pernah terjadi jika kita hanya berusaha tanpa berdoa begitupula sebaliknya. Usaha dan doa harus dilakukan secara berdampingan untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Semoga kelima strategi di atas dapat memberikan manfaat dan panduan bagi mereka yang sedang berada di tahun terakhir studi PhDnya.

Salam Hangat dan Sukses,

Ditulis oleh Dewi Anggraini, S.Si., M.App.Sci., Ph.D untuk phdmamaindonesia dan diedit oleh Imi Surapranata

2 thoughts on “Dewi Anggraini : 5 Strategi Mahasiswi PhD Tahun Terakhir

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s