Policy Brief “Beasiswa dan Kampus Ramah Ibu: Mewujudkan Kesetaraan dan Inklusi untuk Ibu-Mahasiswa”

Published by phdmamaindonesia on

  • Version
  • Download 215
  • File Size 3.47 MB
  • Create Date December 25, 2021
  • Download

Ringkasan Eksekutif

Dukungan terhadap perempuan Indonesia yang berperan sebagai ibu sekaligus mahasiswi studi lanjut (ibu-mahasiswa) masih jauh dari harapan. Banyak dari ibu-mahasiswa harus berjuang lebih keras untuk keberhasilan studi sembari menjalankan peran ganda sebagai seorang ibu, sementara tuntutan pencapaian akademik tetap sama dengan mereka yang bukan ibumahasiswa. Mereka membutuhkan komitmen dari para pemangku kepentingan untuk memperbaiki sistem dukungan yang lebih memperjuangkan kesetaraangender dan inklusi dalam pendidikan tinggi.

 

Survei ini bertujuan memetakan kebutuhan ibu-mahasiswa selama menempuh studi pascasarjana terkait kebijakan dari pemberi beasiswa dan juga kampus tempat studi secara umum dan lebih khususnya lagi tugas pengasuhan anak dan akses terhadap layanan penitipan anak (childcare).

Data dalam penelitian ini diperoleh melalui survei daring yang dilakukan oleh Tim Policy Brief PhD Mama Indonesia yang terdiri dari akademisi dan aktivis perempuan pada tanggal 20 Oktober 2021-12 November 2021. Sebanyak 406 responden berpartisipasi dalam survei ini. Mereka merupakan perempuan Indonesia yang sedang menjalankan atau sudah menyelesaikan studi pascasarjana sekaligus mereka yang beraspirasi ingin menempuh studi lanjut.

Survei ini diharapkan dapat membantu para pemangku kepentingan (misalnya pemberi beasiswa, universitas tujuan, pemerintah) dalam memformulasikan kebijakan yang ramah terhadap ibu-mahasiswa, terutama terkait sistem dukungan yang lebih baik pada aspek pengasuhan anak.

Categories:

phdmamaindonesia

Blog phdmamaindonesia.com digagas oleh Kanti Pertiwi, Ph.D, pada tahun 2016. Blog ini memuat cerita-cerita seputar perjalanan studi PhD serta strategi menjalani studi dari perspektif perempuan. Kirimkan tulisanmu ke Tim Redaksi di phdmamaindonesia@gmail.com

0 Comments

Leave a Reply